Undang-undang Virginia bertujuan untuk mencegah penjualan langsung

Di antara ketentuannya, melarang pembuat mobil untuk menegosiasikan penjualan atau persyaratan sewa yang mengikat dengan pelanggan, termasuk secara online; mempertahankan kepemilikan kendaraan baru sampai terjual daripada menjualnya ke dealer untuk disimpan dalam inventaris; dan menyatakan bahwa dealer adalah agen pengiriman.

Bahasa tagihan Virginia juga mencakup ketentuan yang melarang pembuat mobil mengubah perjanjian waralaba secara sepihak tanpa mendapatkan persetujuan dari dealer.

“Tidak ada baris yang mengatakan model agensi dilarang di Virginia,” kata Hall Berita Otomotif. “Semua orang akan memberi tahu Anda di Amerika, ‘Kami tidak percaya pada model agensi. Kami tidak akan pernah melakukan model agensi.’ “

Undang-undang waralaba dealer negara bagian telah mencegah pembuat mobil lama dengan jaringan dealer waralaba untuk menjual kendaraan langsung ke konsumen. Namun bahkan jika pembuat mobil secara terbuka mengatakan mereka tidak tertarik untuk mengubah dealer menjadi pusat pengiriman, kata Hall, bahasa tagihan dimaksudkan untuk melarang mereka mencoba praktik tertentu yang menghindari dealer.

“Alasan untuk berbagai poin-poin ini, jika Anda mau, adalah untuk memastikan bahwa kita tidak memiliki apa pun yang terlihat, berjalan, atau berbicara seperti model agensi,” katanya.

Hall mengatakan undang-undang tersebut bukan tanggapan langsung terhadap program Model e Ford Motor Co., yang diluncurkan tahun lalu dan mengharuskan dealer untuk berinvestasi hingga $1,2 juta pada pengisi daya dan peralatan lain untuk menjual kendaraan listrik masa depan merek tersebut. Akhir bulan lalu, Ford mengatakan sebagai tanggapan atas penolakan dealer di seluruh AS bahwa mereka akan mengubah beberapa batasan pada dealer yang memilih untuk menginvestasikan lebih sedikit uang.

“Ini untuk mengirimkan pesan bahwa sistem waralaba akan tetap utuh dan dealer mobil akan memiliki opsi dan hak untuk menjual mobil, dan itu tidak akan dirampas oleh Ford,” kata Hall. ‚ÄúSecara tidak langsung, itu pasti akan menyentuh program Ford, tapi secara langsung, itu bukan rancangan undang-undang yang dirancang untuk mengejar Ford EV. [program]. Seperti yang saya katakan kepada dealer saya, apakah Anda memiliki permintaan pelanggan yang besar untuk EV atau tidak, selama OEM berkomitmen pada EV, Anda juga harus berkomitmen pada EV.”

Seorang juru bicara Ford tidak menanggapi permintaan komentar pada waktu pers.

Hall mengatakan dia mulai mengerjakan undang-undang tersebut sekitar enam bulan lalu, bertemu dengan anggota parlemen dan mendiskusikan masalah tersebut dengan Ford, General Motors dan Alliance for Automotive Innovation, asosiasi perdagangan yang mewakili sebagian besar pembuat mobil besar di AS, sebelum undang-undang tersebut diperkenalkan di akhir Desember dan awal Januari.

Hall mengatakan bahwa bahasa RUU diubah untuk mengklarifikasi beberapa ketentuan atas permintaan GM dan Aliansi, termasuk bahwa pembuat mobil akan diizinkan untuk menampilkan harga kendaraan selama harga ditetapkan oleh dealer dan pembuat mobil dapat mempertahankan stok kendaraan umum. dari mana dealer dapat membeli persediaan.

Seorang juru bicara GM merujuk komentar ke Aliansi. Seorang juru bicara Aliansi menolak mengomentari tagihan Virginia selain untuk mencatat bahwa asosiasi perdagangan tidak menentang undang-undang tersebut.

Kata Hall: “Anda harus dapat bekerja dengan pihak lain pada tingkat tertentu. … Bahkan dalam RUU ini, ada hal-hal tertentu yang tidak ingin saya kompromikan. Tetapi saya bersedia bekerja dan memahami posisi mereka sebagaimana kita melalui proses ini.”