Fiat meluncurkan layanan belanja mobil metaverse

LAS VEGAS — Fiat telah melakukan perjalanan belanja mobil ke metaverse.

Merek tersebut pada bulan Desember meluncurkan Fiat Metaverse Store di Italia yang menawarkan kesempatan kepada konsumen untuk mengonfigurasi kendaraan di ruang pamer virtual dan membelinya di tempat. Prosesnya akan dipimpin oleh pakar produk nyata, bukan kecerdasan buatan, jadi pengalaman ini memiliki “hubungan manusia”, kata CEO merek Olivier Francois.

Fiat ingin meluncurkan ruang pamer metaverse di Prancis, Jerman, dan Inggris Raya pada awal 2023. Francois berharap untuk meluncurkan ruang pamer di AS pada awal 2024 untuk sejalan dengan kembalinya 500e listrik.

Francois mengatakan ahli yang menjaga toko, yang dikenal sebagai Fiat Product Genius, terinspirasi oleh Apple. Perusahaan teknologi menggunakan julukan jenius untuk pekerja tokonya, yang memberikan dukungan teknis dan saran kepada pelanggan.

Fiat Product Genius tersedia untuk menjawab pertanyaan tentang masalah seperti pengisian kendaraan. Fiat mencari kandidat yang lebih muda dan berorientasi teknologi untuk menjadi jenius.

Toko metaverse ditampilkan minggu ini selama konferensi teknologi CES.

“Harapannya kualitas pengalaman akan lebih baik karena mereka sangat terlatih [and] sangat terspesialisasi,” kata Francois Berita Otomotif. “Jadi inilah mengapa kita memiliki manusia dan bukan avatar.”

Fiat mengatakan toko tersebut dikembangkan bekerja sama dengan Touchcast dan Microsoft. Platform Metaverse-as-a-Service Touchcast dibangun di atas Microsoft Cloud, kata Fiat, dan memberi pelanggan akses ke metaverse tanpa memerlukan headset VR, avatar, atau perangkat keras khusus.

Pengalaman ini juga menyediakan jembatan ke dealer fisik. Pembeli dapat mengatur test drive di toko terdekat setelah mengetahui tentang produk di ruang pamer metaverse.

Francois mengatakan toko tersebut “dikembangkan oleh Fiat untuk Fiat”, tetapi teknologi tersebut tersedia jika merek Stellantis lain ingin menggunakannya. Tapi Francois mengatakan Fiat sangat cocok untuk pengaturan semacam ini karena kesederhanaan jajarannya. Rangkaian produk yang lebih rumit dengan banyak opsi penyesuaian dan model yang lebih mahal, kata Francois, dapat meningkatkan kebutuhan seseorang untuk pergi ke dealer.

Fiat ingin menawarkan layanan yang “sangat sederhana, dapat diakses oleh semua orang,” kata Laurent Diot, wakil presiden senior pemasaran dan komunikasi global untuk Fiat dan Abarth. “Sesederhana mengklik tautan dan kemudian tiba-tiba Anda berada di ruang pamer Fiat Metaverse. Itulah niat kami, dan saya pikir kami telah memenuhinya.”

Tinggalkan komentar