Penghasilan dana: Laba Q2 turun

Pemasok mobil Dana Inc mengatakan laba bersih turun hampir 85 persen pada kuartal kedua, mencerminkan pendapatan operasional yang lebih rendah yang disebabkan oleh dampak yang tidak menguntungkan dari nilai mata uang asing, lonjakan biaya dan tantangan rantai pasokan.

Dana melaporkan laba bersih sebesar $8 juta — penurunan sebesar $45 juta dari tahun sebelumnya. Perusahaan menyalahkan penurunan terutama pada inflasi, mengakibatkan biaya operasi yang lebih tinggi termasuk tenaga kerja, energi, transportasi dan bahan baku.

Ada beberapa titik terang untuk produsen gandar dan transmisi yang berbasis di Maumee, Ohio. Penjualan meningkat sekitar 17 persen menjadi $2,59 miliar, dan arus kas bebas naik menjadi $167 juta dibandingkan dengan arus kas negatif sebesar $13 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Penjualan produk kendaraan listrik, yang menurut CEO James Kamsickas pada bulan April akan menjadi prioritas utama, tumbuh sebesar $59 juta.

Penjualan produk kendaraan ringan naik 16 persen dari tahun 2021 menjadi sekitar $1,03 miliar. Pertumbuhan penjualan kendaraan komersial adalah dua kali lipat, meningkat 31 persen menjadi $ 507 juta.

Laba yang disesuaikan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi turun sekitar 30 persen menjadi $ 162 juta.

Sebagian besar hambatan Dana tidak unik, dengan perusahaan menyebutkan biaya komoditas, inflasi dan translasi mata uang asing sebagai hambatan utama selama kuartal dan dalam waktu dekat.

Dana menurunkan perkiraan pendapatan 2022 menjadi rata-rata 75 sen per saham, turun dari perkiraan yang diberikan pada kuartal pertama rata-rata $1,33 per saham.

Saham Dana diperdagangkan pada $15,78 pada Jumat sore, turun 5,6 persen sejak pasar ditutup Selasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *