Kekhawatiran meningkat karena saham Carvana anjlok 97%

Target harga rata-rata pada saham sekarang telah tenggelam 94 persen sejak awal tahun, dan telah turun hampir 60 persen dari posisi mereka pada akhir Oktober.

Carvana melaporkannya hasil kuartal ketiga awal bulan ini, memicu longsoran terbaru baik di saham maupun target analisnya. Kerugian dan pendapatan kuartalan turun secara signifikan di bawah ekspektasi Wall Street, dengan perusahaan mencatat ekonomi yang memburuk dan permintaan yang melemah untuk kendaraan bekas.

“Kami tidak melihat hambatan industri mereda dalam waktu dekat mengingat memburuknya sentimen konsumen dan suku bunga yang kemungkinan akan tetap di atas rata-rata baru-baru ini untuk jangka waktu yang lama,” tulis analis Cowen John Blackledge dalam sebuah catatan. Dia memotong saham menjadi setara dengan menahan dari membeli, dan menurunkan target harga menjadi $10 dari $55.

Carvana telah terjebak dalam badai yang sempurna.

Permintaan untuk mobil bekas telah mengalami lonjakan besar-besaran selama hari-hari pandemi ketika produksi mobil terpukul karena pasokan yang melumpuhkan, membuat harga mobil bekas melonjak. Ketika rantai pasokan mulai normal tahun ini, harga kendaraan bekas turun tajam dari puncaknya, menekan margin dealer seperti Carvana.

Sementara itu, inflasi yang masih tinggi dan kenaikan suku bunga membuat konsumen waspada terhadap pembelian dalam jumlah besar, terutama dalam menghadapi potensi resesi. Akibatnya, permintaan juga terpukul.

Lebih buruk lagi, perusahaan memiliki total utang lebih dari $8 miliar pada 30 September, menurut data Bloomberg, naik dari $5,8 miliar pada akhir tahun 2021. Penilaian pasar perusahaan mencapai $1,3 miliar pada penutupan hari Senin.

“Saat harga mobil bekas turun, kami percaya bahwa Carvana akan berjuang untuk mendapat untung dari kendaraan yang sebelumnya dibeli dengan harga tinggi,” tulis analis Argus Research Taylor Conrad dalam catatan tertanggal 18 November. Conrad menurunkan peringkat saham untuk menjual dari penahanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *