GM dipukul dengan vonis $103 juta di pengadilan AS di California

Seorang juri pengadilan federal di California telah memesan Mesin umum untuk membayar $102,6 juta kepada sekelompok konsumen setelah menemukan bahwa mereka menyembunyikan cacat mesin yang menyebabkan masalah termasuk mogok dan kerusakan dini pada puluhan ribu SUV dan truk.

Putusan itu dijatuhkan pada Selasa setelah a percobaan tindakan kelas yang langka di Pengadilan Distrik AS di San Francisco, pengacara penggugat mengumumkan.

Kelas pemenang termasuk pemilik dan penyewa SUV dan truk yang dijual dari 2011-2014 di California, North Carolina dan Idaho yang berisi mesin Generasi IV Vortec 5300 LC9 perusahaan. Masing-masing dari sekitar 38.000 anggota kelas akan mendapatkan $ 2.700 jika putusan bertahan banding.

Christopher Stombaugh dari DiCello Levitt, pengacara utama untuk penggugat, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia “bersyukur atas keberanian juri, yang melakukan hal yang benar dalam meminta GM bertanggung jawab atas penipuan dan upaya setengah hati untuk mengatasi masalahnya.”

GM mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak percaya putusan itu didukung oleh bukti dan berencana untuk mengajukan banding.

Gugatan penggugat 2016 berpusat pada dugaan cacat yang menyebabkan mesin menggunakan terlalu banyak oli dan memungkinkan oli mencapai bagian mesin yang bukan tempatnya, menyebabkan kerusakan. Mereka mengatakan perusahaan menyadari masalah tersebut pada tahun 2010, ketika merekomendasikan kepada dealernya untuk membersihkan piston kendaraan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ketika itu tidak berhasil, GM membuat perubahan desain pada mesin pada 2011, tetapi akhirnya gagal menyelesaikan masalah dan menghentikan mesin setelah model tahun 2014, kata penggugat.

GM telah menghadapi litigasi yang menuduhnya menutupi masalah dengan kendaraannya selama bertahun-tahun, termasuk dugaan kelemahan mematikan pada sensor roda kemudi dan sakelar pengapian.

Kasusnya adalah Siqueiros dkk v. General Motors LLC, Pengadilan Distrik AS, Distrik Utara California, No. 3:16-cv-07244.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *