Bagaimana Hyundai menjadikan Ioniq 6 sebagai kendaraan paling aerodinamis yang pernah ada

SEOUL — Seberapa licinkah kendaraan listrik baru Hyundai Ioniq 6?

Ketika sedan fastback empat pintu tiba di AS awal tahun depan, ia akan memiliki platform dan powertrain jarak jauh yang sama dengan crossover kompak Ioniq 5. Tetapi Ioniq 6 akan mendapatkan peningkatan besar dalam rentang baterai — sebagian besar berkat siluetnya yang sangat ramping dan hemat udara.

Faktanya, Ioniq 6 adalah kendaraan paling aerodinamis yang pernah diproduksi oleh Hyundai Motor Co. Ini mencapai koefisien drag 0,21, dibandingkan dengan 0,29 untuk Ioniq 5, yang mendarat tahun ini.

Hyundai enggan menyebut Ioniq 6 sebagai sedan belaka. Bagi para desainernya, EV berbentuk jelly bean adalah “perampingan”, sebuah nama yang mengingatkan kembali pada gaya bulat yang dirintis pada 1930-an.

Versi penggerak roda belakang dengan baterai 77,4 kilowatt-jam mencapai jangkauan 381 mil di bawah siklus Prosedur Uji Kendaraan Ringan Harmonisasi Seluruh Dunia. Itu lompatan dari jarak 315 mil dari Ioniq 5.

Aerodinamika ekor perahu Ioniq 6 benar-benar kunci untuk menempuh jarak lebih jauh.

“Peningkatan paling banyak dihasilkan dari penurunan hambatan udara,” kata kepala desain global Hyundai Simon Loasby tentang Ioniq 6 pada acara berkendara akhir September di sini.

“Ini membawa pelanggan kami lebih jauh dengan sekali pengisian daya.”

Loasby menantang timnya untuk memberikan koefisien hambatan di bawah 0,20 dengan mencetak T-shirt bertuliskan “0,1x.” Mereka tidak cukup sampai di sana. Tapi koefisien Ioniq 6 masih berada di ranah pemukul berat seperti Porsche Taycan, Tesla Model 3 dan Lucid Air.

“Semua orang berkata, ‘Kamu gila. Kamu tidak akan pernah mencapai target itu,'” kata Loasby. “Saya tahu, tapi saya ingin melihat seberapa jauh kami bisa mencapainya. Dan itu adalah mentalitas kami untuk proyek ini.”

Ioniq 6 belum memiliki rentang peringkat EPA. Tapi Hyundai memperkirakan jaraknya sekitar 330 mil, sekitar 9 persen lebih tinggi dari Ioniq 5 yang 303 mil. Rentang peringkat Ioniq 6 di AS harus diselesaikan sebelum debut mobil di Amerika Utara di Los Angeles Auto Show pada bulan November.

Mobil itu sudah mulai dijual di Korea Selatan, di mana Hyundai mengatakan memiliki lebih dari 40.000 preorder, dan mendarat di Eropa tahun ini. Ini memasuki produksi untuk Amerika Utara pada bulan Januari di pabrik Asan Hyundai di Korea Selatan, dengan pengiriman mendarat di Amerika Serikat dua atau tiga bulan kemudian. Di Asan, Ioniq 6 dibuat di lini yang sama dengan sedan Hyundai Sonata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *