Mengapa dealer Porsche ini menggugat pabrik sebesar $300 juta

Sebuah dealer kendaraan mewah di daerah Miami menggugat Porsche sebesar $300 juta, menuduh pembuat mobil sport Jerman menahan persediaan karena dealer belum membangun toko mandiri baru.

The Collection, dealer multibrand di Coral Gables, Florida, menuduh bahwa Porsche melanggar undang-undang waralaba dealer negara bagian dengan membatasi alokasi “mobil biliar” setelah pengecer menolak untuk membangun toko merek eksklusif.

Porsche mengatakan mobil pool, yang biasanya tidak lebih dari 20 persen dari persediaan yang tersedia, ditugaskan ke dealer atas kebijaksanaan pabrik. Untuk memenuhi syarat, dealer harus mengoperasikan toko Porsche eksklusif dan memenuhi standar desain fasilitas, kata perusahaan itu.

Sean Burstyn, pengacara Miami yang mewakili The Collection, mengatakan undang-undang waralaba Florida melarang pembuat mobil mewajibkan dealer untuk membangun fasilitas eksklusif.

“Di mana eksklusivitas adalah persyaratan, pabrikan telah melanggar undang-undang negara bagian kita,” kata Burstyn, pendiri Burstyn Law PLLC.

Seorang juru bicara Porsche Cars Amerika Utara menolak mengomentari gugatan itu, yang diajukan pada 22 September di Sirkuit Yudisial ke-11 Miami-Dade County. Koleksi mengklaim bahwa waralaba Porsche-nya bisa “benar-benar tidak berharga” jika alokasi kolam terus ditolak.

Collection mencatat dalam gugatan bahwa “perilaku pemaksaan, pembalasan, dan jahat” Porsche telah menelan biaya “jutaan dolar” dan, jika dibiarkan, akan menyebabkan kerusakan lebih dari $100 juta.

Gugatan terhadap Porsche dan anak perusahaannya, termasuk Porsche Latin America Inc. dan Porsche Cars North America Inc., berusaha untuk mencegah pembuat mobil membangun waralaba baru di Florida saat proses pengadilan sedang berlangsung.

“Ini adalah bab yang disayangkan dan semoga pendek dalam hubungan kuat selama hampir 30 tahun antara The Collection dan Porsche,” kata CEO The Collection Ken Gorin dalam sebuah email. “Kami tidak membuat keputusan ini dengan enteng.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *