Hasil Q2 sulit CarMax memicu alarm

Hasil keuangan kuartal kedua fiskal CarMax Inc. yang lemah melukiskan gambaran suram: Inflasi yang terus berlanjut, harga eceran yang tinggi dan kenaikan suku bunga mendorong konsumen untuk menunda membeli mobil dan truk bekas. Tantangannya adalah raksasa mobil bekas memotong biaya agar lebih sesuai dengan tingkat penjualan.

Volume pengecer dan penurunan laba memicu kekhawatiran penurunan permintaan yang lebih berkepanjangan di pasar mobil bekas. Harga saham CarMax turun 25 persen pada Kamis, 29 September, hari laporan pendapatan, dan harga saham pesaing Carvana Co. dan pengecer publik lainnya juga jatuh. Ini menandai pembalikan yang signifikan dari hanya satu tahun yang lalu, ketika pengecer melaporkan permintaan tinggi yang berkelanjutan dan keuntungan yang kuat untuk kendaraan bekas dan menikmati harga saham yang tinggi.

CarMax menjual 457.889 kendaraan bekas dalam enam bulan yang berakhir 31 Agustus, turun 8,9 persen dari periode tahun sebelumnya. Para pemimpin perusahaan mengatakan tekanan keterjangkauan kendaraan yang menggelegak pada awal 2022 tampaknya menguat dan bertahan sepanjang musim panas.

CarMax melaporkan laba bersih turun 56 persen menjadi $125,9 juta.

Penjualan industri telah dirugikan oleh “pergeseran dalam prioritas pengeluaran konsumen dari pembelian besar ke barang-barang diskresioner yang lebih kecil,” kata CEO CarMax Bill Nash setelah perusahaan melaporkan hasil.

Penjualan kendaraan di toko yang sama CarMax turun 8,3 persen dari tahun ke tahun selama bulan-bulan musim panas, turun pada tingkat satu digit yang rendah di bulan Juni tetapi mempercepat di bulan Juli menjadi penurunan yang lebih tajam yang kinerjanya di bawah ekspektasi.

Penurunan permintaan terjadi “hampir semata-mata karena masalah keterjangkauan,” kata Daniel Imbro, direktur pelaksana Stephens Inc. yang mencakup CarMax dan pengecer mobil lainnya.

Ritel ‘ketidakcocokan’

Pemimpin CarMax mengatakan perusahaan sedang mencoba untuk menanggapi preferensi konsumen yang bergeser dengan menawarkan campuran yang lebih tinggi dari kendaraan dengan harga lebih rendah. Kesengsaraan keterjangkauan berarti CarMax kemungkinan akan melanjutkan strategi itu dalam waktu dekat hingga menengah, kata Imbro.

“Di situlah saya pikir ketidakcocokan di sisi ritel: Masih ada permintaan untuk kendaraan bekas; itu hanya permintaan untuk kendaraan yang lebih murah, dan saat ini ada kelangkaan inventaris bekas yang terjangkau,” kata Imbro kepada Automotive News.

Permintaan untuk kendaraan bekas telah melemah selama beberapa bulan, dan investor khawatir bahwa permintaan kendaraan baru juga akan memburuk sebagai bagian dari kemunduran konsumen yang lebih besar, kata Imbro. Tapi dia belum melihat itu. Persediaan kendaraan baru masih sedikit, dan permintaan tetap, katanya.

Pemotongan biaya

CarMax bergerak untuk lebih menyelaraskan pengeluarannya dengan tingkat penjualannya di kuartal kedua, kata CFO Enrique Mayor-Mora.

Itu termasuk “mengurangi staf melalui pengurangan” di toko-toko perusahaan dan pusat pengalaman pelanggan, menghentikan sebagian penggunaan perekrutan dan kontraktor di kantor perusahaannya, dan memeriksa kembali pengeluaran pemasarannya, kata Walikota-Mora. Perusahaan tidak memberikan angka dolar untuk pemotongan biaya, para pemimpin juga tidak mengatakan berapa banyak posisi staf yang dihilangkan atau dihilangkan.

Jika karyawan meninggalkan posisi kritis, CarMax akan menggantikannya, kata Nash. Tetapi perusahaan pertama-tama akan menilai kembali posisi yang kosong untuk memastikan mereka masih akan mendukung inisiatif jangka pendek jika diisi, katanya.

Nash mengatakan volume grosir CarMax terluka pada kuartal tersebut oleh keputusan perusahaan untuk mengalihkan beberapa kendaraan dari saluran grosir ke bisnis ritelnya. Perusahaan juga memperlambat pembelian kendaraan untuk persediaan sebagai reaksi terhadap kondisi pasar yang berubah termasuk depresiasi tajam dalam nilai grosir.

CarMax menempati peringkat No. 1 di Berita Otomotif‘ daftar 100 pengecer teratas yang diperingkat berdasarkan penjualan kendaraan bekas, dengan penjualan eceran 924.338 kendaraan bekas pada tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *