Robot Elon Musk melambai tapi belum bisa berjalan

Musk: ‘Jika saya menjadi gila, Anda bisa memecat saya’

Musk menggambarkan acara tersebut dimaksudkan untuk merekrut pekerja, dan para insinyur di atas panggung melayani audiens teknis. Mereka merinci proses di mana Tesla merancang tangan robot dan menggunakan teknologi simulator kecelakaan untuk menguji kemampuan robot untuk jatuh tanpa patah.

Musk, yang telah berbicara sebelumnya tentang risiko kecerdasan buatan, mengatakan peluncuran massal robot memiliki potensi untuk “mengubah peradaban” dan menciptakan “masa depan yang berlimpah, masa depan tanpa kemiskinan.” Namun dia mengatakan dia percaya bahwa penting bagi pemegang saham Tesla untuk memiliki peran dalam memeriksa upaya perusahaan.

“Jika saya menjadi gila, Anda bisa memecat saya,” kata Musk. “Ini penting.”

Banyak reaksi di Twitter positif, berfokus pada kecepatan upaya pengembangan Tesla sejak Agustus tahun lalu, ketika Tesla mengumumkan proyeknya dengan aksi yang membuat seseorang berjas putih mensimulasikan robot humanoid.

Henri Ben Amor, seorang profesor robotika di Arizona State University, mengatakan target harga Musk sebesar $ 20.000 adalah “proposisi yang baik,” karena biaya saat ini sekitar $ 100.000 untuk robot humanoid.

“Ada beberapa perbedaan antara jenis ambisi dan apa yang mereka tampilkan,” katanya. “Ketika berbicara tentang ketangkasan, kecepatan, kemampuan berjalan dengan stabil, dan sebagainya, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.”

Aaron Johnson, seorang profesor teknik mesin di Carnegie Mellon University, juga mengatakan kebutuhan robot itu masih bisa diperdebatkan.

“Apa yang benar-benar mengesankan adalah bahwa mereka mencapai tingkat itu dengan sangat cepat. Yang masih agak kabur adalah apa sebenarnya kasus penggunaan bagi mereka untuk menghasilkan jutaan ini,” kata Johnson.

Tesla juga membahasnya teknologi self-driving yang sudah lama tertunda di acara tersebut. Insinyur yang mengerjakan perangkat lunak self-driving otomatis menjelaskan bagaimana mereka melatih perangkat lunak untuk memilih tindakan, seperti kapan harus bergabung dengan lalu lintas, dan bagaimana mereka mempercepat proses pengambilan keputusan komputer.

Pada bulan Mei, Musk mengatakan bahwa pembuat mobil paling berharga di dunia akan “pada dasarnya bernilai nol” tanpa mencapai kemampuan mengemudi sendiri secara penuh, dan menghadapi berkembangnya penyelidikan peraturanserta hambatan teknologi.

Musk mengatakan pada hari Jumat pengujian beta dari kemampuan self-driving penuh Tesla akan “secara teknis” siap untuk peluncuran global pada akhir 2022, tetapi peraturan mewakili rintangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *