Trevor Milton membeli peternakan dengan opsi saham ‘tidak berharga’

Kemudian, setelah panggilan konferensi dengan Milton pada bulan yang sama, Hicks berubah pikiran.

Dalam panggilan tersebut, Hicks bersaksi, Milton mengatakan kepadanya bahwa perusahaan tersebut telah memiliki pesanan truk senilai $14 juta dan perjanjian dengan Anheuser-Busch untuk menggunakan truk Nikola pada rute pengiriman antara Los Angeles dan Phoenix. Hicks mengatakan kepada juri jaminan Milton bahwa Nikola telah mulai pengadaan stasiun pengisian untuk 13 rute berarti memiliki kontrak di tempat, sepotong informasi “penting” baginya.

“Sebuah perusahaan pra-pendapatan, saya perlu meyakinkan untuk sedikit tertarik pada semua ini,” kata Hicks, menjelaskan bahwa dia membutuhkan “sesuatu yang nyata untuk menunjukkan bahwa mereka akan menghasilkan pendapatan yang besar.” Stasiun pengisian meraihnya, katanya.

Hicks mengatakan dia setuju untuk menjual peternakan pada bulan Juni dan mendapat $8,5 juta tunai dan opsi untuk membeli 515.095 Nikola berbagi dengan harga di bawah pasar, yang bernilai $15 juta saat kesepakatan ditutup pada Agustus 2020. Bulan itu, saham diperdagangkan lebih dari $40 per saham. Tetapi pada bulan Desember, ketika Hicks pertama kali dapat menggunakan opsi tersebut, mereka telah jatuh hingga $13,51. Itu di bawah harga kesepakatan $16,50 pada opsi, yang membuatnya “tidak berharga,” katanya.

Hicks mengatakan dia tidak pernah memperhatikan pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa perusahaan karena semua kesannya tentang perusahaan berasal dari panggilan konferensi.

‘Representasi Palsu’

“Informasi ini disampaikan kepada saya oleh pendiri dan CEO Nikola, dari sebuah perusahaan bernilai miliaran dolar,” Hicks bersaksi. “Tidak pernah terpikir oleh saya dia akan membuat representasi palsu – pada kenyataannya, membuat representasi palsu. Saya pikir itu semua kredibel dan benar.”

Milton dibebaskan sambil menunggu persidangan dengan jaminan $ 100 juta yang dijamin oleh dua properti yang dimilikinya di Utah – salah satunya peternakan, menurut gugatan perdata yang diajukan Hicks terhadap Milton.

Milton membayar $32,5 juta untuk peternakan lain di dekat Salt Lake City pada Agustus 2019, harga jual tertinggi yang pernah tercatat untuk properti residensial di negara bagian tersebut. Sebuah rumah seluas 16.800 kaki persegi di properti, yang disebut Riverband Ranch, menawarkan sembilan kamar tidur, sembilan kamar mandi dan lantai hickory.

Nikola go public melalui merger terbalik dengan perusahaan cek kosong pada Juni 2020 dalam kesepakatan yang membuat Milton menjadi miliarder beberapa kali lipat. Pada satu titik, saham perusahaan menggelembung menjadi hampir $80 masing-masing, memberi Nikola kapitalisasi pasar lebih besar dari Ford Motor Co., semua dengan sedikit pendapatan. Nilai pasar Nikola anjlok setelah Milton dan perusahaannya dituduh melebih-lebihkan kemampuan truk debutnya, Nikola One.

Jaksa menuduh Milton membuat pernyataan palsu dan menyesatkan di media sosial dan outlet lain untuk mendorong investor ritel membeli saham, dan penipuan kawat karena menipu Hicks, yang menggugat Milton di pengadilan federal di Utah pada Maret 2022 atas kesepakatan itu.

Pengacara Milton berpendapat bahwa klien mereka tidak pernah bermaksud menipu investor mana pun, hanya mengikuti rencana pemasaran perusahaan dan tidak pernah mengatakan apa pun yang tidak dia yakini benar.

Kesaksian Hicks datang pada minggu ketiga persidangan dan menjelang akhir kasus pemerintah terhadap Milton.

Jaksa bisa beristirahat secepat Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *