Volkswagen bersiap untuk meluncurkan penawaran saham Porsche

Grup Volkswagen menetapkan harga daftar akhir untuk Porsche pada 82,50 euro per saham, menilai perusahaan pada 75 miliar euro ($ 73 miliar) karena berusaha untuk membuktikan bahwa merek mobil sport ikonik dapat menghindari kemerosotan di pasar modal dan melakukan publik perdana terbesar di Eropa menawarkan dalam satu dekade.

Rapat dewan pengawas VW dan komite eksekutifnya Rabu malam menyetujui harga daftar akhir, yang berada di batas atas kisaran 76,50-82,50 euro yang pertama kali ditawarkan kepada investor. Porsche akan menandai hari pertama perdagangannya ketika pasar dibuka pada hari Kamis di Frankfurt.

Daftar pembuat 911 adalah langkah berani ke pasar umum, yang sebagian besar telah ditutup untuk IPO hampir sepanjang tahun, dengan perusahaan menghindar dari mencari daftar baru karena krisis energi Eropa, kenaikan suku bunga dan rekor inflasi. Penjualan tersebut akan membantu Volkswagen mengumpulkan dana untuk mendorong elektrifikasinya, sementara investor mendapatkan sepotong merek emosional yang mirip dengan Ferrari NV, yang juga berhasil memisahkan diri dari induk Fiat pada tahun 2015.

“Jika Anda dapat melakukan IPO di pasar yang sulit, itu menunjukkan daya tarik bisnis,” kata analis Jefferies, Philippe Houchois. “Porsche adalah bisnis yang matang dan terkenal yang tidak perlu menambah modal. Menempatkannya di pasar sebagai bisnis yang sepenuhnya terbentuk – mampu melakukannya cukup mengesankan.”

Perusahaan mengumpulkan kurang dari $ 10 miliar dalam IPO tahun ini hingga Agustus, penurunan 83 persen dalam hasil dari waktu yang sama tahun lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Daftar Porsche akan menjadi yang terbesar di Eropa sejak penambang Glencore Plc mengumpulkan hampir $ 10 miliar dalam IPO London pada tahun 2011, data menunjukkan.

Harga saham menempatkan Porsche pada penilaian yang tidak jauh dari kapitalisasi pasar total VW – bisnis yang terdiri dari Audi, Skoda, Seat, dan merek VW, antara lain. Namun untuk semua pemasarannya yang agresif, daftar tersebut juga mendapat perhatian negatif karena strukturnya yang kompleks.

Volkswagen membagi modal saham Porsche menjadi bagian yang sama hak suara dan saham non-suara, dengan pembuat mobil Jerman mempertahankan 75 persen kepemilikan. Sekitar 12,5 persen dari total modal saham – hanya saham yang tidak memiliki hak suara – terdaftar secara publik, dengan sebagian besar diberikan kepada empat investor utama. Otoritas Investasi Qatar, dana kekayaan negara Norwegia, T. Rowe Price dan ADQ telah bersama-sama berkomitmen untuk mengambil sebanyak 3,7 miliar euro dari IPO.

12,5 persen lainnya dari total saham yang diperebutkan akan langsung diberikan kepada pemegang saham terbesar VW – miliarder keluarga Porsche dan Piech – melalui perusahaan investasi mereka Porsche Automobil Holding SE. Keluarga tersebut sudah memiliki 53 persen mayoritas saham voting VW, dan di bawah persyaratan IPO, mereka juga akan mendapatkan 25 persen ditambah 1 saham voting stock Porsche AG, membayar sedikit premi untuk saham preferen dengan total 10,1 miliar euro.

Porsche SE sebagian besar akan membiayai akuisisi dengan modal utang sebesar 7,9 miliar euro, membeli saham dalam dua tahap mulai bulan depan dengan pembelian kedua diharapkan pada bulan Januari, menyusul pembayaran dividen khusus oleh VW.

Hingga 2009, keluarga memiliki setengah dari Porsche dan semua hak suara, tetapi mereka terpaksa menjual bisnis mobil sport ke VW setelah upaya mereka untuk mengambil alih pembuat mobil Jerman gagal. IPO mengembalikan kendali keluarga atas aset yang telah lama tidak terjangkau: Mereka mendapatkan minoritas pemblokiran di dewan pengawas pembuat mobil sport, dan status mereka sebagai pemegang saham jangkar VW mendukung kendali itu.

Porsche menargetkan pendapatan sebanyak 39 miliar euro ($38 miliar) tahun ini dan laba atas penjualan sebanyak 18 persen, naik dua poin persentase dari tahun lalu, kata perusahaan itu pada Juli. Pengembalian akan naik di atas 20 persen dalam jangka panjang. Perusahaan ini masih terkenal dengan model 911-nya, meskipun Porsche telah memperluas jajarannya secara signifikan dalam dekade terakhir dengan menambahkan crossover populer seperti Macan yang lebih kecil, serta Panamera empat pintu dan Taycan bertenaga baterai.

Selain struktur kepemilikan Bizantium, tata kelola adalah masalah lain bagi beberapa investor. CEO Porsche Oliver Blume baru-baru ini diangkat menjadi CEO Volkswagen, sambil mempertahankan posisinya di unit tersebut.

Menurut sebuah analisis dari Bernstein, kapitalisasi pasar Porsche seharusnya berada di angka 80 miliar euro – tepat di bawah perusahaan-perusahaan mewah tetapi di ujung yang lebih tinggi dari pembuat mobil.

“Dibandingkan dengan perusahaan mewah, Porsche masih menunjukkan volatilitas yang lebih tinggi dalam pertumbuhan pendapatan dan profil margin,” tulis analis otomotif Eropa Daniel Roeska. “Porsche hanya meningkatkan volume secara signifikan dengan menambahkan format baru, dan itu sepertinya tidak akan terjadi di tahun-tahun mendatang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *