Kittyhawk, perusahaan mobil terbang, tutup

Kittyhawk, perusahaan taksi udara yang didukung oleh miliarder pendiri Google Larry Page, akan ditutup, menghadapi kemunduran bagi impian lama yang sulit dipahami untuk mengembangkan mobil terbang.

“Kami telah membuat keputusan untuk menghentikan Kittyhawk,” kata perusahaan itu di Twitter. “Kami masih mengerjakan detail tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.”

Teknologi perusahaan diharapkan untuk hidup dalam bentuk usaha patungan Wisk Aero dengan Boeing. Operasi Wisk tidak akan terpengaruh oleh penutupan Kittyhawk, kata Boeing, Rabu.

Kittyhawk didirikan pada 2010 untuk merintis pasar untuk apa yang disebut eVTOL – pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik – dengan tujuan mulia untuk mendemokratisasi langit. Perusahaan rahasia dijalankan oleh Sebastian Thrun, seorang veteran Google yang bekerja pada mobil self-driving, kacamata augmented-reality dan proyek lainnya.

Bisnis ini adalah salah satu dari beberapa startup yang mengerjakan konsep tersebut, yang telah terbukti menjadi tantangan yang lebih besar dari yang diharapkan. Taksi udara mengalami kecelakaan selama pengujian dalam beberapa bulan terakhir, meningkatkan kekhawatiran tentang keselamatan mereka.

orang dalam sebelumnya melaporkan rencana Kittyhawk untuk menutup.

Kittyhawk membentuk usaha Wisk dengan Boeing Co. pada 2019, dan pabrikan pesawat itu kemudian menginvestasikan $450 juta dalam kemitraan tersebut. Awal pekan ini, Boeing dan Wisk mempresentasikan visi mereka untuk sebuah dunia di mana eVTOL dapat hidup berdampingan dengan pesawat komersial yang lebih besar.

“Keputusan Kittyhawk untuk menghentikan operasi tidak mengubah komitmen Boeing terhadap Wisk,” kata juru bicara pabrikan pesawat itu melalui email. “Kami bangga menjadi anggota pendiri Wisk Aero dan senang melihat pekerjaan yang mereka lakukan untuk mendorong inovasi dan keberlanjutan melalui masa depan perjalanan udara listrik.”

Titan penerbangan membantu memamerkan pesawat Cora bertenaga rotor Wisk di Farnborough International Airshow pada bulan Juli. Seiring dengan pembiayaan bisnis, Boeing telah menyediakan sumber daya rekayasa untuk pesawat listrik empat tempat duduk yang lebih besar yang ingin Wisk pada akhirnya disertifikasi dengan regulator AS.

Pasar taksi udara masih memiliki banyak pesaing, termasuk Joby Aviation Inc., Archer Aviation Inc., Lilium NV Jerman, dan Eve Brasil, tetapi mereka menghadapi prospek yang tidak pasti untuk kendaraan futuristik ini. Regulator penerbangan belum mensertifikasi generasi baru mesin terbang untuk mengangkut manusia.

Tujuan Kittyhawk adalah membuat taksi udara yang dapat dikemudikan dari jarak jauh, lebih kecil dan lebih ringan daripada eVTOL lainnya, dan dapat lepas landas hampir dari mana saja. Perusahaan menargetkan biaya kurang dari $1 per mil, yang akan membuat taksi lebih murah daripada layanan berbagi tumpangan.

Sekarang penutupan Kittyhawk menutup babak untuk salah satu pelopor eVTOL dengan profil tertinggi — dan menunjukkan betapa sulitnya pasar untuk ditembus. Pada hari Rabu, perusahaan masih memiliki pesan ini di halaman rumahnya: “Jika ada yang bisa melakukan ini, kita bisa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *